Mouse Pelangi Wavy Tail

Rabu, 28 Mei 2014

Menelusuri Keindahan Alam dan Budaya di Banjarnega



BANJARNEGARA
Kotakecil di Jawa Tengah dengan seribu keindahan alam dan budaya daerah.Mungkin banyak di antara para pembaca yang belum mengetahui dimana Banjarnegara,mungkin ini disebabkan oleh factor kurangnya pemanfaatan secara maksimal segala sumber daya alam maupun kebudayaan yang ada di Banjarnegara.
Dari sekian banyak daerah-daerah wisata di Indonesia sebenarnya Banjarnegara yang tergolong kota kecil,Banjarnegara sangat memiliki potensi atau daya tarik para wisatawan untuk datang ke Banjarnegara.Hingga saat ini,Banjarnegara masih terus mengembangkan segala obyek-obyek wisatanya maupun kelebihan di bidang senibudayanya.



Dawet Ayu
DawetAyu merupakan minuman khas dari Bnjarnegara.Minuman ini tidak hanya ada di Banjarnegara,hingga saat ini banyak para penjual dawet ayu Banjarnegara yang merantau untuk lebih memperkenalkan minuman ini,tidak hanya ada di Jawa namun hingga ke luar Jawa.
Apabila berlibur mungkin tidak lengkap jika tidak berlibur ke obyek wisatanya.Banjarnegara memiliki obyek wisata alam yaitu DiengPlateau,Dieng Plateau merupakan dataran tinggi yang menyimpan banyak sejarah.Dieng Plateau ini masuk di 2 Kabupaten,sebagian ikut Kabupaten Banjarnegara dan sebagian lagi ikut Kabupaten Wonosobo.
Mungkin banyak yang bertanya-tanya ada apa saja si di Dieng???di Dieng banyaksekali obyek wisata,seperti :
KomplekCandi Arjuna
KawahSikidang
TelagaWarna

SIKUNIR
Merupakan pegunungan yang biasa didaki oleh para wisatawan.
Danmasih banyak lagi obyek-obyek wisata lain yang ada di DiengPlateau.Oleh-oleh khas dari Dieng ialah carica.Carica merupakan buah asli di dataran tinggi Dieng oleh-oleh khas ini di sajikan dalam bentuk minuman manisan.
Selain dataran tinggi Dieng,Banjarnegara juga memiliki obyek wisata yaitu curug pitu(pancuran tuju)ini merupakan air terjun yang bertingkat 7.

Serayu Adventure
Merupakan obyek rekreasi berupa tempat arung jeram.

Kebun Binatang Serulingmas
Selain obyek wisata yang beragam Banjarnegara juga memiliki banyak kelebihan di kebudayaannya.Banjarnegara merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak kelebihan budaya.seperti embeg(kudalumping),tari-tarian,tarian asli Banjarnegara ialah Tari dawet ayu.
Belum lama kemarin Banjarnegara mengadakan banyak acara.Mulai dari Peringatan Kemerdekaan yang memang biasa diperingati dengan mengadakan karnafal yang biasanya diikuti olwh siswa siswi dari TK,SD,SMP,SMA,hingga UMUM.Kemarin acara karnaval hanya diikuti oleh siswa TK dan SD saja.Karena siswa SMP serta SMA mengikuti kegiatan Festival Serayu Banjarnegara yang diadakan sekaligus sebagai perayaan hari jadi Banjarnegara di tanggal 22 Agustus.
Acara kebudayaan Banjarnegara kemarin bukan hanya Festival Serayu Banjarnegara,tetapi juga ada kegiatan parak iwak yaitu merupakan kegiatan menggiring ikan dari sungai 1 ke sungai lainnya.
Setelah acara prak iwak selesai,Banjarnegara juga mengadakan Expo.Expo inibertujuan mengenalkan lebih dekat mengenai Banjarnegara.Expo ini berisi stan-stan yang mliputi stan makanan khas Banjarnegara,stan produk kerajinan ibu-ibu rumah tangga yang ada di Banjarnegara,stan hail-hasil pertanian maupun peternakan di Banjarnegara,
Banjarnegara juga memiliki baju khas produksi Banjarnegara,brand asli Banjarnegara.Produk ini bisa dibeli secara online lewat facebook maupun melalui BB.Keunggulan dari produk asli Banjarnegara ini berupa design baju yang hanya dibuat 1 kali tetapi dalam bebrapa warna.Sehingga 1 model bisa terdiri dari 4-5 baju dengan warna yang berbeda.Design baju ini tidak akan digunakan lagi di produksi baju-baju lain.Prouk ini tidk hanya memproduksi kaos,namun juga polo skirt.Produk ini dimiliki oleh seorang pengusaha muda yang masihberusia 18th.Produk asli Banjarnegara ini diberi nama HEYHE HELLO.
Contoh salah satu brand dari pengusaha muda itu mebuktikan bahwa Banjarnegara merupakan kota kecil yang mulai mengepakkan sayapnya dengan sejuta keindahan dan kebudayaan yang dimiliki serta dengan generasi yang siap mengembangkan Banjarnegara.
Macam-macam kebudayaan dan lokasi wisata alam di Banjarnegara tentu saja akanmenarik minat para wisatawan untuk selalu ingin datang lagi dan lagi ke Banjarbegara.Dan ini membuktikan bahwa Indonesia kaya raya dengan keindahan alam dan budaya dari daerah-daerah kota hingg desa-desa dipelosok negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar