Mouse Pelangi Wavy Tail

Rabu, 28 Mei 2014

Makanan Khas Yogyakarta Terpopuler (Wisata Kuliner Jogja)


Sebagai salah satu kota tujuan wisata terbesar di Indonesia, Yogyakarta telah lama juga dikenal dengan kekayaan makanan khasnya. Berikut adalah beberapa makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal di Nusantara, dan bahkan sampai ke mancanegara :

1. Gudeg

Makanan Khas Yogyakarta - Gudeg Jogja
Gudeg Jogja
Gudeg Jogja adalah salah satu makanan khas Yogyakarta yang paling populer di seantero negeri ini. Bahkan gudeg Jogja telah dikenal oleh para turis asing dari berbagai negara. Gudeg adalah makanan yang tergolong sebagai sayur dan atau lauk.

Gudeg dibuat dari buah Nangka yang masih muda sebagai bahan dasarnya. Nangka muda ini kemudian dibumbui dengan berbagai bumbu dapur dan diberi santan. Yang unik dari Gudeg ini adalah waktu memasaknya. Untuk memasak gudeg dibutuhkan waktu yang sangat lama. Untuk mendapatkan Gudeg yang enak, Gudeg akan dimasak secara berulang-ulang sampai beberapa hari hingga semua bumbu benar-benar merasuk.



Gudeg memiliki rasa yang cenderung sangat manis, khas masakan daerah Jawa terutama makanan khas wisata kuliner Jogja. Sebagai pelengkapnya Gudeg biasanya juga dilengkapi dengan telur bacem, ayam, atau daging krecek. Selain itu tidak lupa ditambahkan Areh, yang merupakan santan yang telah dengan dimasak sangat lama. Gudeg Jogja yang cukup terkenal antara lain Gudeg Yu Djum.


2. Bakpia

Makanan Khas Yogyakarta - Bakpia
Bakpia
Bakpia Jogja adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung berbentuk bulat pipih yang di dalamnya biasa diisi dengan isian kacang hijau, coklat, keju, atau isian lainnya.
Salah satu tempat wisata pusat Bakpia di Yogyakarta terletak di daerah Pathuk atau Pathok. Di kawasan ini hampir sebagian besar masyarakatnya merupakan pengrajin makanan Bakpia. 
Itulah mengapa kemudian Jogja sangat dikenal dengan Bakpia Pathuk atau Bakpia Pathok. Beberapa toko pusat oleh-oleh Bakpia Pathuk di kawasan Pathuk ini antara lain Bakpia Pathok 25, Bakpia Pathok 75, Bakpia Djava, dll. 


3. Sate Klatak

Makanan Khas Yogyakarta - Sate Klathak
Sate Klathak
Makanan khas Yogyakarta yang satu ini juga tidak kalah unik. Ditengok dari namanya tentu saja kita sudah tahu bahwa makanan khas Yogyakarta ini berupa sate. Keunikan dari Sate Klathak ini terletak pada pembuatan dan rasa. Sate Klathak dibuat dari daging yang ditusuk dengan jeruji sepeda, bukan menggunakan tusuk sate dari bambu seperti sate pada umumnya. 

Keunikan Sate Klathak yang lainnya adalah pada bumbunya. Sate Klathak dibakar dengan hanya dicelup dengan air garam sebagai bumbunya. Nama “Klathak” itu sendiri berasal dari suara “klathak” yang cukup nyaring yang terdengar pada saat sate dibakar, akibat dari bumbu air garam yang menetes pada api. Daerah wisata kuliner Jogja yang terkenal dengan Sate Klathak-nya adalah daerah Imogiri di selatan kota Yogyakarta.


4. Oseng-oseng Mercon

Makanan Khas Yogyakarta - Oseng Oseng Mercon
Oseng-oseng Mercon
Makanan khas Yogyakarta yang ini terbilang cukup dahsyat. Ini karena rasa dari Oseng-oseng Mercon yang terkenal sangat pedas. Oseng-oseng Mercon adalah sebuah makanan yang terbuat dengan bahan utama daging atau kikil sapi. Daging dimasak oseng-oseng dengan campuran utama cabe dengan jumlah yang sangat banyak, hingga membuat rasanya luar biasa pedas. 

Bagi para wisatawan penggemar masakan pedas, tentu saja Oseng-oseng Mercon ini wajib dicoba. Selain cukup nikmat rasanya, juga cukup pedas dan dahsyat. Dari rasanya yang dahsyat itulah mengapa lalu oseng-oseng ini lebih dikenal dengan sebutan “Oseng-oseng Mercon”. Oseng-oseng Mercon banyak disajikan di sepanjang Jalan KH. Ahmad Dahlan Yogyakarta. Di sekitar kawasan ini para wisaatawan akan dengan mudah menemukan warung-warung kaki lima yang menyajikan menu utama Oseng-oseng Mercon. 

5. Sego Pecel

Makanan khas Yogyakarta - Sego Pecel
Sego Pecel
Makanan khas Yogyakarta lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Sego Pecel. Sego Pecel adalah makanan berupa sayuran yang biasanya terdiri dari berbagai sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, kol, dll, yang dicampur dengan bumbu kacang. Untuk memakannya Sego Pecel biasa disajikan di atas nasi hangat atau bakmi goreng.

Sego Pecel biasanya banyak ditemui di berbagai sudut kota Yogyakarta. Tsalah satu tempat Wisata Kuliner Jogja yang banyak menjajakan Sego Pecel ini adalah Pasar Beringharjo yang terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di depan Pasar Beringharjo. Di tempat ini para wisatawan akan banyak menjumpai pedagang Sego Pecel yang sangat khas dengan dagangannya yang digelar lesehan di pinggir jalan dan di sini Sego Pecel akan disajikan di atas daun pisang sebagai piringnya.


6. Yangko

Makanan Khas Yogyakarta - Yangko
Yangko
Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan ini termasuk dalam makanan ringan. Yangko berbentuk kotak dengan isian kacang, keju, coklat atau isian lain di dalamnya. Teksturnya yang kenyal mirip dengan Mochi dan rasanya yang manis gurih cukup membuat Yangko diminati sebagai oleh-oleh dari Johja selain bakpia. Yangko biasanya banyak dijumpai di toko atau tempat yang menjual aneka oleh-oleh.



7. Geplak

Makanan Khas Yogyakarta - Geplak
Geplak
Makanan khas Yogyakarta yang ini memiliki rasa khas makanan Jawa yaitu manis. Bahkan bagi sebagian penggemar wisata kuliner Jogja, makanan kecil ini terasa agak terlalu manis, sehingga sedikit terasa eneg. Namun bagi sebagian lainnya terutapa para penggemar makanan manis, makanan yang terbuat dari kelapa ini memiliki rasa yang cukup lezat.

Seperti halnya bakpia atau yangko, geplak juga banyak dijumpai di toko makanan oleh-oleh. Geplak berbentuk kecil dan beraneka warna menarik, dan biasanya dijual dalam keranjang bambu kecil yang sering disebut besek.


8. Géblek

Makanan Khas Yogyakarta - Geblek
Geblek
Makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari tepung tapioka yang digoreng, berwarna putih. Dari tampilannya mungkin bisa dikatakan seperti kerupuk, hanya saja karena dibuat dari tepung tapioka maka teksturnya agak sedikit kenyal dan cenderung alot bila sudah dingin. Rasa dari geblek ini adalah gurih.

Geblek ini banyak dijumpai di daerah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Karena teksturnya yang kenyal, maka geblek ini akan sangat nikmat bila dinikmati dalam keadaan hangat. Biasanya untuk menyantap geblek ini akan didampingi dengan makanan khas Yogyakarta lainnya yaitu Tempe Benguk, sejenis tempe terbuat dari kacang benguk yang dimasak bacem.


9. Tempe Benguk

Makanan Khas Yogyakarta - Tempe Benguk
Tempe Benguk
Makanan khas Yogyakarta ini juga sering disebut Tempe Benguk Besengek. Bentuknya serupa dengan tempe pada umumnya. Hanya saja bahan utamanya adalah kacang benguk, yaitu jenis kacang-kacangan seperti kedelai dengan ukuran yang lebih besar dan sedikit lebih keras.

Tempe Benguk biasanya akan dimasak bacem. Rasa Tempe Benguk bacem yang manis membuat makanan ini seringkali dihidangkan bersama dengan Geblek yang memiliki rasa gurih. Kedua makanan khas wisata kuliner Jogja ini akan terasa sangat nikmat bila dihidangkan dan dinikmati secara bersamaan. Seperti halnya Geblek, kita juga akan banyak menjumpai Tempe Benguk di daerah Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.


10. Kipo

Makanan Khas Yogyakarta - Kipo
Kipo
Makanan khas Yogyakarta ini rasanya sangat lezat. Terbuat dari tepung ketan dan santan, yang diisi dengan "enten-enten" yaitu parutan kelapa yang manis. Bentuknya pipih dan sangat kecil yaitu hanya sebesar ibu jari orang dewasa. Kipo dimasak dengan cara dibakar diatas alas daun pisang, sehingga tentu saja aromanya sangat menggugah selera. Kipo banyak sekali dijumpai di kawasan wisata Kota Gede Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar